Tips Memilih Jurusan Kuliah Supaya Tidak Salah Jurusan!

IntipIntip.com - Setelah lulus SMA, banyak yang kepengen masuk kuliah dan menjadi seorang mahasiswa. Namun tak sedikit mahasiswa jaman sekarang yang menyesal kuliah dijurusannya atau salah jurusan. Bagi kamu yang ingin kuliah, sebaiknya pikir baik-baik jurusan yang ingin kamu masuki. Memang menjadi mahasiswa dijaman sekarang ini bisa terbilang sulit karena begitu banyak yang mendaftar dan harus tes sana sini jika tidak lulus jalur undangan atau SNMPTN.

Mimin sebagai mantan mahasiswa yang merasa dirinya tidak salah jurusan, ingin membagikan apa-apa saja pertimbangan yang harus kamu putuskan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.
Tips Memilih Jurusan Kuliah Supaya Tidak Salah Jurusan!
Tips Memilih Jurusan Kuliah Supaya Tidak Salah Jurusan!
Yuk langsung saja kita bahas langkah-langkah gimana caranya supaya kamu tidak salah jurusan!

Kenali kesukaanmu
Maksudnya disini adalah hal yang kamu sukai, misalnya apakah kamu suka menggambar, olahraga, menulis, dan kegiatan lainnya. Anggaplah contohnya disini mimin sangat suka bermain komputer. Jadi yang mimin sukai adalah segala hal tentang komputer.

Keahlian / bakatmu
Coba cari tahu apa bakatmu! Misalnya kamu pandai berenang, mendesain, program, menari, dan hal-hal lainnya. Kamu harus tahu bakat kamu agar kamu tahu potensi kamu dan bisa mengembangkannya. Kalau mimin disini saya pilih bakat mimin adalah desain grafis misalnya.

Cita-cita
Kamu sejak dini sudah harus menentukan kamu ingin jadi apa kedepannya, walaupun sebenarnya tuhanlah yang menentukannya namun apa salahnya jika kita berencana dan berdoa agar kita menekuni sesuatu yang kita cita-citakan. Dalam kasus ini mimin misalnya mencita-citakan sebagai seorang guru.

Setelah kamu mengetahu apa kesukaan, keahlian dan cita-cita kamu, selanjutnya cari jurusan yang paling mendekati cita-cita kamu terwujud dan kesukaan serta keahlian kamu itu dipelajari pada jurusan tersebut. Contohnya nih yah:

Aku suka segala hal tentang komputer, berbakat dibidang desain grafis dan bercita-cita menjadi seorang guru. Maka jurusan yang paling tepat untuk saya adalah Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer (PTIK) , Pendidikan Seni Rupa atau Desain Komunikasi dan Visual (DKV).

Pada kasus diatas ada tiga jurusan yang sesuai untuk mimin nih jadi mimin harus pilih salah satunya. Kita pilih lagi jurusan yang paling mendekati, karena untuk menjadi guru lebih mudah diterima jika gelar sarajanya adalah pendidikan atau S.Pd dibandingkan bukan S.Pd maka mimin memilih jurusan PTIK atau Pend. Seni Rupa ketimbang DKV karena DKV gelar sarjananya S.Ds atau Sarjana Desain. Namun jika kampus yang kamu pilih menyediakan gelar sarjana pendidikan untuk DKV maka DKV masih bisa jadi pilihan.

Sekarang tinggal dua pilihan yang tersisa PTIK dan Pend. Seni Rupa, karena kamu suka komputer, bakat desain dan cita-cita ingin jadi guru maka pilihan yang tepat menurut saya adalah PTIK, karena dalam jurusan PTIK maka kita mempelajari tentang komputer, multimedia dan tentu saja gelar sarjananya adalah pendidikan. Sedangkan Pend. Seni Rupa tidak belajar komputer disana.

Contoh kasus diatas hanyalah contoh, jadi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman yah. Oh iya, kenali juga kampus dan jurusan yang kamu targetkan yah supaya kamu makin tau arah kamu kemana. Semoga berhasil yah!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel