Cara Mengatasi Laptop yang Lambat dan Cepat Panas

Jika setiap hari kamu bekerja atau kegiatan sehari-harimu ditemani dengan Laptop, tentu saja kamu harus selalu menjaga performa laptop kamu agar kinerjanya tetap optimal.
Namun pernah nggak sih kamu mengalami masalah laptop yang tiba-tiba melambat atau suka nge-hang, jika pernah dan belum menemukan solusi kenapa itu bisa terjadi, intipintip mau ngasih tau kamu beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar laptop kamu tidak lambat dan cepat panasa lagi.


Mencopot aplikasi yang tidak penting
Kalau kamu punya aplikasi dilaptop kamu yang tidak kamu gunakan atau bahkan tidak penting, mending hapus saja deh karena hanya buang-buang memori saja. Jadi sisakan saja aplikasi yang benar-benar kamu gunakan atau butuhkan saja.

Rajin melakukan full scan dengan Antivirus
Usahakan rutin melakukan full scan dengan Antivirus pilihan kamu agar laptop kamu terbebas dari virus dan malware yang dapat memberi efek negatif pada laptop kamu. Kamu bisa melakukan Full Scan seminggu sekali yah.

Membersihkan cache
Gunakanlah software seperti Ccleaner untuk membersihkan file sampah-sampah yang tidak berguna. Jika file cache yang dimiliki laptopmu cukup besar, bisa jadi itu penyebab laptop kamu lambat.

Install Ulang
Jika sudah sangat parah laptopmu melambat, sebaiknya install ulang atau reset laptop kamu. Dengan menginstall ulang, laptopmu akan seperti terlahir kembali dan lebih cepat dari sebelumnya.

Upgrade RAM
Jika kamu terbiasa menggunakan aplikasi berat seperti aplikasi desain grafis atau sejenisnya dan ram kamu hanya 2gb saja, sebaiknya naikkan kapasitas ram laptop kamu ke 8gb atau lebih sesuaikan juga dengan kemampuan prosesor kamu yah.

Mengganti HDD dengan SSD
Jika kamu mempunyai uang lebih, cara ini bisa saja solusi juga untuk mengatasi laptop kamu yang lambat. Memang sudah dikenal SSD lebih cepat memproses data daripada HDD. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel